Jumat, 29 Desember 2017

Kemampuan Indera Manusia

Assalamualaikum Wr. Wb
Hai teman-teman Salam Pramuka!  Hari ini aku akan menjelaskankan tentang salah satu permainan di kepramukaan yaitu permainan KIM.  Apakah kalian tahu cara bermainnya?

a.  Sejarah

KIM adalah nama seorang anak yang kuat ingatannya dan tajam alat inderanya. Nama lengkapnya ialah KIMBAL 'O HARA.  KIM adalah seorang anak yatim piatu dari Inggris yang suka mengembara bersama kawan-kawannya. Ia memiliki sifat yang gembira dan suka menolong.  Sehingga ia dicintai banyak orang dan mendapat julukan "kawan yang kecil dari seluruh dunia".

Karena ingatan dan inderanya yang tajam itu ia memdapatkan perhatian pemerintah sehingga masuk dalam "Intelegence Service" dari ketentaraan Inggris yang sangat berjasa bagi negaranya.

Pengalaman latihan dimulai dengan permainan di toko seorang India yang bernama Lurgan Sahib. Kim dikalahkan oleh seorang anak Hindustan yang dapat mencatat 15 macam permata Intan yang terletak di atas kaki baki,  setelah dilihat dalam waktu singkat. Lurgan Sahib memperolok-olok Kim karena anak Hindustan tadi ternyata melebihi Kim.  Kim tersinggung,  dan menginginkan percobaan dengan barang-barang lain,  tetapi anak Hindustan dengan mata tertutup dengan hanya meraba sudah dapat menyebutkan barang-barang tersebut. Akhirnya Kim mengakui kekalahannya.

b.  Macam-macam Kim

Permainan kim ada 5 macam: Kim penglihatan,  Kim penciuman,  Kim peraba,  Kim perasa dan Kim mendengar.

KIM Penglihatan
Permainan ini dilakukan dengan cara melihat beberapa benda sesaat, kemudian mencoba mengingatnya kembali.
KIM Penciuman
Permainan ini dilakukan dengan cara mencium bau beberapa benda dengan mata tertutup, lalu menyebutkan benda yang dicium baunya. Permainan KIM ini melatih kepekaan indera penciuman yaitu hidung.
KIM Peraba
Permainan ini dilakukan dengan cara meraba atau memegang benda yang dimasukkan dalam kantung tertutup lalu, mencoba mengingat dan menyebutkan nama benda yang dipegangnya itu.
KIM Perasa
Permainan ini dilakukan dengan cara merasakan bahan menggunakan lidah dan menyebutkan benda apa tersebut.
KIM Mendengar
Permainan ini dilakukan dengan cara mendengar berbagai bunyi-bunyian, setelah itu menyebutkan suara benda apa tersebut.

c.  Permainan Kim bertujuan:

- Melatih ketajaman alat indera.
- Melatih ketajaman ingatan.

Terima Kasih telah menyimak,  semoga bermanfaat ya teman-teman.
Wassalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seni Ukir dan Kaligrafi

Assalamu'alaikum Wr. Wb Apa kabar saudaraku, kali ini saya akan memaparkan informasi tentang seni ukir dan kaligrafi di Indonesia. Se...