Minggu, 18 Februari 2018

Kerajaan Mataram Islam


KERAJAAN MATARAM ISLAM (abad 17-19)

Assalamualaikum Wr. Wb, hari ini saya akan memaparkan tentang Kerajaan Mataram Islam ( abad 17-19).

Kerajaan Matarm Islam berdiri pada tahun 1586 dan raja pertamannya adalah Sutawijaya yang bergelar "Senapati Ingalaga Sayidin Panatamaga"artinya Panglima Perang dan Ulama Pengatur Kehidupan Beragama. Pusat kerajaan ini terletak disebelah tenggara kota Yogyakarta, yakni di Kotagede.

Kerajaan Mataram mencapai Puncak kebesarannya pada masa pemerintahan Sultan Agung Hanyakrakusuma (1613-1645 M). Hal itu merupakan cerminan dari kebesaran jiwa, keberanian, keuletan, dan kecakapan serta kuatnya kepribadian Sultan Agung. Ia adalah seorang militer yang ulung, organisatoris, yang berhasil, ahli politik, ahli sastra, ahli filsafat, dan sangat mementingkan urusan agama. Dalam sejarah Islam, kesultanan Mataram memiliki peran yang penting dalam perjalanan sejarah kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara. Hal ini terlihat dari semangat raja-raja untuk memperluas daerah kekuasaan, dan mengislamkan para penduduk daerah kekuasannya,hingga mengembangkan kebudayaan yang bercorak Islam di Jawa. Pada masa Sultan Agung banyak prestasi besar yang dicaapi, antara lain sebagaimana berikut.

- Memperluas daerah kekuasaannya meliputi Jawa-Madura (kecuali Benteng dan Batavia), Palembang, Jambi dan Banjarmasin.
- Mengatur dan mengawasi wilayahnya yang luas itu langsung dari pemerintah pusatnya( Kotagede).
- Melakukan kegiatan ekonomi yang bercorak agraris dan maritim. Mataram adalah pengekspor beras terbesar pada masa itu.
- Melakukan mobilisasi militer secara besar-besaran sehingga mampu menundukkan daerah-daerah sepanjang pantai Utara Jawa dan mampu menyerang Belanda di Batavia samapi dua kali. Andaikata Batavia tidak dipagari tembok-tembok yang tinggi, benteng-benteng yang kuat, dan persenjataannya yang modern, sudah pasti Batavia jatuh di tangan Mataram.
- Mengubah perhitungan tahun Jawa Hindu (saka)  dengan tahun Islam (Hijriah)  yang berdasarkan peredaran Bulan ( sejak tahun 1633).
- Menyusun karya sastra yang cukup terkenal, yaitu Sastra Gending dan kitab suluk. Misalnya Suluk Wujil ( 1607 M)  yang berisi wejangan Sunan bonang kepada Abdi Raja majapahit yang bernama Wujil.
- Menyusun kitab undang-undang baru yang merupakan perpaduan dari hukum Islam dengan adat-istiadat Jawa yang disebut Surya Alam.

Demikian informasi tentang Kerajaan Mataram Islam yang dapat saya sampaikan, 
Wassalamualaikum Wr. Wb





Gambar dikutip dari SIJAI. com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seni Ukir dan Kaligrafi

Assalamu'alaikum Wr. Wb Apa kabar saudaraku, kali ini saya akan memaparkan informasi tentang seni ukir dan kaligrafi di Indonesia. Se...