Minggu, 14 Januari 2018

Akikah

Assalamualaikum Wr. Wb
Apa kabar sahabat muslim, hari ini saya akan menjelaskan kepada para pembaca tentang Akikah. Apa itu Akikah?  Bagaimana hukumnya dalam Islam?  Ketentuan hewan yang akan disembelih? Mungkin beberapa orang belum mengetahui tentang itu. Jika ingin tahu beberapa hal tentang Akikah mari simak ya!

1). PENGERTIAN AKIKAH
     Akikah secara bahasa artinya memutus/melubangi. Secara syariat Akikah adalah menyembelih kambing/domba sebagai tanda syukur kepada Allah Swt. atas lahirnya anak, baik laki-laki atau perempuan. Akikah dilaksanakan pada hari ketujuh setelah kelahiran bayi, saat itu bayi pertama kali dicukur rambutnya dan diberi nama.

2). HUKUM AKIKAH
     hukum Akikah adalah sunah muakad, sunah yang sangat dianjurkan.

3). KETENTUAN HEWAN AKIKAH
     Hewan yang digunakan untuk Akikah adalah kambing/domba. Untuk anak laki-laki sebanyak 2 ekor kambing/domba dan untuk anak perempuan satu ekor kambing/domba.

4). PEMBAGIAN DAGING AKIKAH
     Pembagian daging diberikan dalam kondisi yang sudah dimasak. Orangtua anak boleh memakannya, menghadiahkan sebagian daging kepada sahabat-sahabatnya, dan menyedekahkan sebagian lagi kepada kaum muslimin.

5). HIKMAH PELAKSANAAN AKIKAH
     - Menghidupkan sunah Nabi Muhammad saw.
     - Membebaskan anak dari ketergadaian.
     - Melindungi anak yang dilahirkan dari setan.
     - Menghindarkan dari musibah, keburukan moral dan penderitaan.
     - Mendekatkan diri kepada Allah dan wujud rasa syukur.
     - Wujud rasa gembira dalam melaksanakan syariat Islam.
     - Memperkuat tali silaturahim antara anggota keluarga.

Demikian informasi tentang Akikah yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf. Semoga artikel ini bisa membantu dan berguna bagi anda.
Wassalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seni Ukir dan Kaligrafi

Assalamu'alaikum Wr. Wb Apa kabar saudaraku, kali ini saya akan memaparkan informasi tentang seni ukir dan kaligrafi di Indonesia. Se...